Monday, November 26, 2007

Naskah Buku Saya Hilang di Tiga Serangkai

Oleh : Bambang Haryanto
Esai Epistoholica No. 51/November 2007
Email : humorliner at yahoo.com
Home : Epistoholik Indonesia



Piala Dunia 2006 Jerman. Tanggal 23 April 2005, saya menyerahkan naskah buku Hari-Hari Sepakbola Indonesia Mati ke Penerbit Tiga Serangkai Solo. Kebetulan penerbit in membuka devisi baru untuk menerbitkan buku-buku umum, bukan buku pelajaran. Saya pikir setahun sebelum Piala Dunia 2006 di Jerman, peluang untuk buku saya masih terbuka.

Ternyata, dari penerbit tidak ada respons apa pun. Akhirnya tanggal 28 April 2006, saya ke kantor Tiga Serangkai, bermaksud untuk mengambil naskah tersebut. Saya ditemui oleh Siswanto (Popular Book Manager) dan Danny Damar S (Marketing Buku Umum). Naskah tak bisa saya bawa pulang.

Ada janji-janji dan harapan akan diterbitkan. Tetapi terbukti kemudian, kedua orang ini sering memberikan informasi yang bertolak belakang, demi keuntungan diri mereka sendiri. SMS Damar (10 Mei 2006, Jam 17:33:55) ;yang "Dari Danny marketing Tiga Serangkai pak..maaf br mau kabari buku di minggu ini. kmrin sy 5hr di jkt pak, pd dsrnya byk edit prubahan pd bk...tp apa cukp wktya"

Momentum Piala Dunia 2006 telah lewat. Tetapi ketika saya SMS agar mengembalikan naskah saya, tak ada respons .Akhirnya di telepon Damar (31/10/07) saya desak untuk mengakui bahwa naskah itu telah hilang. Sebelumnya ia mengajukan skenario, naskah itu akan ia beli, tetapi tidak untuk diterbitkan. Saya terkejut, sensor buku jenis baru macam apa ini ?

Akhirnya mereka saya minta membuat surat bahwa naskah saya itu hilang (tetap berkelit sana-sini), hak naskah tetap pada diri saya, dan Damar akan memberikan kompensasi atas hilangnya naskah itu. Di surat tertanggal 13 November 2007 itu dirinci biaya pengganti tercecernya (tak ia sebut hilang) naskah itu sebagai berikut : biaya pengetikan naskah, Rp. 100.000,00 ; biaya penjilidan naskah Rp.20.000,00 ; biaya pengiriman naskah Rp.50.000,00 ; dan biaya penggantian inmateri (pribadi) Rp. 200.000,00. Total : Rp. 370.000,00.

Sekadar gambaran, naskah saya itu memuat 102 cerita dan tebalnya 411 halaman. Saya kini sedang berusaha mecari keadilan.


Bambang Haryanto
Jl. Kajen Timur 72 Wonogiri 57612
Warga Epistoholik Indonesia

Catatan : surat ini dengan modifikasi telah dimuat di kolom Surat Pembaca Harian Kompas Jawa Tengah, Senin, 26 November 2007.

No comments:

Post a Comment