Sunday, December 16, 2007

Revolusi Facebook Pilpres 2009

Oleh : Bambang Haryanto
Esai Epistoholica No. 52/Desember 2007
Email : humorliner at yahoo.com
Home : Epistoholik Indonesia




Hillary Pun Pakai ! Paparan Enda Nasution mengenai Facebook (“On-Line,” AdDiction, 10/10/07) mengingatkan pujian Paul Allen, pendiri Microsoft, terhadapnya. Katanya, Facebook merupakan jaringan sosial nyata untuk setiap orang dan adanya kemudahan tiap warga untuk menambahkan aplikasi-aplikasi baru membuat pertumbuhannya meloncat-loncat. Saking fenomenalnya, sampai Hillary Clinton atau Barack Obama dan pendukungnya menggunakannya sebagai senjata terbaru memenangkan kampanye Pilpres AS 2008 mendatang.

Saya bermimpi : apakah pelbagai situs Web 2.0, baik blog sampai situs jaringan sosial semacam Facebook tidak bisa dimanfaatkan oleh anak-anak muda Indonesia untuk berbuat sesuatu yang revolusioner dalam Pilpres 2009 ? Laporan Akhir Tahun Kompas (11/12/07 : 5) menyimpulkan bahwa masyarakat tidak yakin mereka yang akan ikut Pemilu mampu menyelesaikan masalah yang ada. Nama-nama yang sudah muncul, baik itu SBY, Megawati, Wiranto sampai Sutiyoso, disebutkan “sudah diketahui kapasitas, karakter dan dosa-dosanya.”

Kita tahu, mereka dapat “naik” karena selama ini lanskap komunikasi politik kita dikuasai wacana broadcast politics, politik dengan pola komunikasi satu arah, mendikte, mahal, satu ke banyak orang dan dari-atas-ke-bawah. Kini media Web 2.0. mampu mematahkan itu semua. Karena Web 2.0. membuka pintu semua orang untuk berekspresi dengan bebas, tidak lagi bisu, dialog, mampu mengangkat isu-isu yang relevan dengan realitas hidup kita yang nyata (inti gerakan jurnalisme warga), berbiaya murah dan mampu membuat jaringan untuk memobilisasi gerakan tersendiri. Memanglah, “Internet merupakan gempa bumi 10,5 skala Richter yang mengguncangkan segi-segi peradaban,” tegas Nicholas Negroponte, nabi media digital dari Massachusetts Institute of Technology (AS).

Kita bertanya : bisakah mantra dahsyat Negroponte itu digunakan sebagai awal pijak untuk berpikir bagi kaum blogger dan kaum visioner Indonesia, bahwa dengan Web 2.0. kita berpeluang berbuat sesuatu yang besar ? Untuk memenangkan darah-darah baru pemimpin Indonesia, pembawa impian baru, visi baru dan sekaligus harapan baru bagi Indonesia ke depan, dalam Pilpres 2009 mendatang ?

Mari berpikir, anak muda !



Bambang Haryanto
esaiei.blogspot.com
humorliner at yahoo.com
Blogger, tinggal di Wonogiri


Wonogiri, 16 Desember 2007

ee

No comments:

Post a Comment