Sunday, November 28, 2010

Epistoholik, Effendi Gazali dan Virus Gagasan

Oleh : Bambang Haryanto
Esai Epistoholica No. 108/November 2010
Email : epistopress (at) gmail.com
Home : Epistoholik Indonesia


Anda mengenal Effendi Gazali ?
Kita mengenalnya sebagai pakar ilmu komunikasi.

Ternyata ia juga punya pikiran yang cukup menarik tentang kita. Tentang kaum penulis surat pembaca. Tentang kaum epistoholik.

Suatu kejutan.

Karena saya pribadi selama ini mengenalnya dalam berinteraksi sebagai tokoh komedi. Dalam ranah ini kami saling bertegur sapa dengan cara khas. Ia saya sebut sebagai boss. Dan mungkin karena saya tinggal terpencil :-), di Wonogiri, yang mengesankan sebagai daerah konservasi, ia memanggil saya dengan sebutan yang lajim beredar di kalangan suku Indian : chief.

Interaksi kami tersebut semakin membekas ketika ditabalkan dalam sebuah buku. Pada sampul belakang buku saya yang baru saja terbit di akhir November 2010 ini, Komedikus Erektus : Dagelan Republik Kacau Balau (Etera Imania, 2010), Effendi Gazali (foto) yang mantan juara lawak se-Sumatra Barat itu telah menulis endorsement sebagai berikut :

"Dalam dunia 'humor kuliner', Bambang Haryanto jago analisis serta jago masaknya! Indonesia perlu puluhan orang seperti Bambang Haryanto, baru kemudian ada kemajuan di negeri ini. Di sanalah nantinya dunia humor kita akan lebih kaya, pluralis, dan makin cerdas!"

Terima kasih, boss Effendi Gazali.

[Cerita akan berlanjut…]


Wonogiri, 30 November 2010

No comments:

Post a Comment